Uncategorized

Tarian Tradisional Argentina yang Paling Terkenal di Dunia!

Setiap negara tentu mempunyai slot 777 budaya dan rutinitas yang berbeda-beda. Di Indonesia, terdapat 1.239 budaya takbenda yang tercatat oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Budaya takbenda ini meliputi seni pertunjukan, ilmu alam, kerajinan, hingga perayaan. Selain Indonesia, negara Amerika Latin seperti Argentina termasuk mempunyai banyak variasi budaya yang menarik.

Salah satunya adalah Tarian Argentina yang dikenal di dunia, Tango. Selain tarian Tango, masih banyak type tarian tradisional Argentina yang tidak kalah menarik dan elegan seperti Tango.

Jenis-Jenis Tarian Argentina

Berikut adalah 7 tarian tradisional Argentina yang dikenal di bermacam penjuru dunia:

1. Tango

Jika berbicara mengenai tarian Argentina, rasanya tidak akan lengkap tanpa menjelaskan tarian Tango. Tarian Tango lahir terhadap akhir th. 1880-an di pelabuhan La Boca.

Tarian ini dikerjakan secara berpasangan bersama dengan irama lagu yang melankolis, drama, dan nafsu. Meskipun begitu, tar ini masih keluar sangat indah dan elegan untuk ditonton.

Tarian Tango sendiri sebetulnya hasil kombinasi dari tarian flamenco, polka, tarian afrika, dan budaya lainnya, agar sangat sukar untuk dipelajari.

2. Malambo

Malambo adalah tarian tradisional Argentina yang telah tersedia sejak th. 1600-an. Melihat dari koreografinya, tarian ini dibuat spesifik untuk pria bersama dengan nuansa Wild West bersama dengan topi koboi.

Tarian ini diiringi oleh gitar, penari Malambo yang gunakan celana panjang bergelompang dan topi bertepi lebar, dan koreografinya banyak gunakan tap step.

Selain itu, tarian ini termasuk gunakan gerakan memutar dan gerakan kaki yang mirip seperti tarian Tango.

3. Cumbia

Cumbia adalah tidak benar satu tarian Argentina yang ritme lagunya diambil alih dari Amerika Selatan. Tarian cumbia tidak jauh berlainan bersama dengan tarian Salsa, keduanya mempunyai gerakan dua cara basic yang hampir mirip dan gampang untuk dipelajari.

Tapi versi Argentina menawarkan model yang sedikit berlainan dan telah berkembang sejalan bersama dengan musiknya seperti Cumbia Villera, yang dimainkan di area kumuh.

4. Chacarera

Chacarera merupakan tarian yang berasal dari Provinsi Utara Santiago del Estero dan kerap disebut sebagai lawan tarian dari irama Tango.

Tarian ini ditarikan secara berpasangan. Pasangan laki-laki memutari perempuan dan keduanya sama-sama mengenakan pakaian tradisi yang semarak.

Untuk perempuan, umumnya mereka akan mengenakan gaun flouncy bersama dengan rok lebar namun laki-laki mengenakan celana lebar, ikat pinggang tebal, dan topi.

5. Zamba

Zamba adalah tarian tradisional yang dikerjakan bersama dengan pasangan pria dan wanita. Dalam tarian ini, ke-2 penari mengenakan kostum mewah.

Anda mampu mengenali tarian ini lewat sapu tangan putih yang umumnya dilambaikan oleh penari pria dan wanita. Salah satu pakaian yang dipakai oleh wanita adalah rok yang mampu berputar dan bergelombang pas berputar.