Seni Tari

Rekomendasi Tari Tradisional yang Mudah untuk Dipelajari Bagi Pemula

Banyak tarian tradisional di Indonesia yang menarik untuk dipelajari, namun tidak semuanya mudah untuk dipelajari. Biasanya kita mencari tarian tradisional yang mudah untuk ditarikan jika diminta guru kesenian, bukan? Tenang saja, ternyata ada banyak loh tarian asal Indonesia yang ternyata mudah untuk dipelajari bahkan dalam waktu yang singkat.

Berikut ini kami akan menunjukkan beberapa rekomendasi tarian daerah yang mudah untuk dipelajari.

Tarian Tradisional Mudah

1. Tari Saman – Aceh

Pertama yang akan kami rekomendasikan adalah Tari Saman yang berasal dari Aceh. Tari Saman ini merupakan tarian yang sudah mendua dan bahkan kerap kali dijadikan ikon Indonesia. Tarian ini menjadi salah satu tarian unik, karena penarinya harus sangat kompak baik dari segi tarian atau pun paduan suara dari pengiringnya. Secara universal, gerakan yang ada di dalam tarian saman ini terdiri dari gerakan tepuk tangan, tepuk dada, sampai suara para pemain.

2. Tari Lenggang Nyai – Betawi

Berikutnya yang akan kami rekomendasikan adalah tari Lenggang Nyai yang berasal dari Betawi. Tarian ini merupakan tarian yang termotivasi dari kisah hidup Nyai Dasimah. Dikisahkan tarian ini diambil dari kisah rakyat. Ini bisa dilihat dari gerakan tarian ini yang menggambarkan kepribadian dan juga cerita dari Nyai Dasimah.

3.Tari Sajojo – Papua

Siapa yang tidak tahu lagu Sajojo? Ternyata selain memiliki lagu yang enak untuk di dengarkan, Sajojo juga memiliki tarian yang mudah untuk dihapalkan. Tarian yang bisa ditarikan baik untuk pria dan wanita ini mudah untuk dikreasikan, sehingga membuatnya menjadi semakin mudah untuk ditarikan. Gerakannya pun sangat khas dan enerjik, jadi menggambarkan keceriaan dari para penari yang suka didominasi dengan gerakan kaki.

4. Tari Poco-Poco – Maluku

Rasanya tidak perlu latihan pun, semua orang sudah bisa menarikan tarian Poco-Poco. Tarian asal Maluku ini memang kerap kali ditarikan oleh banyak orang dalam berbagai kesempatan, salah satunya adalah senam pagi. Iringan musik yang ringan dan gerakannya yang mudah digerakkan menjadikannya sangat populer. Itulah sebabnya kenapa tarian ini memiliki 50 alterasi gerakan.

5. Tari Tor-Tor – Sumatera Utara

Bagi kamu yang ingin menarikan tarian indah namun tidak banyak gerak, tari Tor-Tor dari Batak bisa menjadi pilihan. Tarian ini terdiri dari 3 tipe, yakni  tor-tor pangurosan, sipitu cangkir serta tunggal panaluan. Busana yang dipakai dalam menampilkan tarian ini adalah ulos, yaitu kain tenun khas dari Sumatera.

Nah, itulah beberapa tarian yang mudah untuk digerakkan dan dihapalkan. Bahkan saking mudahnya, tidak membutuhkan banyak latihan untuk bisa menggerakkan tarian-tarian di atas.