Uncategorized

Ragam Jenis Tarian Tradisional Paling Mendunia

Indonesia dianugerahi kekayaan atas keberagaman suku bangsa, kebiasaan istiadat, bahasa, ilmu dan teknologi lokal, tradisi, kearifan lokal, jenis permaianan di dan seni. Keberagaman tersebut merupakan warisan budaya bangsa berharga luhur yang membentuk identitas bangsa di sedang dinamika pertumbuhan dunia. Salah satunya tari.

Keragaman itu pun terlihat dari tarian tiap-tiap area yang memiliki kekhasan yang dipertahankan secara turun temurun. Bukan cuma satu, tiap-tiap area pun memiliki beberapa daftar tarian tradisionalnya yang digunakan untuk upacara yang berlainan juga.

Adapun beberapa tari tradisional Indonesia yang mendunia bersama dengan pertunjukannya yang spektakuler. Ini tentu patut kita apresiasi dan jadi hal yang membanggakan. Tari tradisional dari beberapa area ini berhasil dipertunjukkan secara internasional dan dikenal hingga mancanegara.

Berikut ini beberapa tari tradisional Indonesia yang mendunia bersama dengan prestasi dan pertunjukannya yang menakjubkan:

1. Tari Saman, Aceh

Tari saman udah terlalu dikenal mancanegara dikarenakan sering  ditampilkan para wakil Indonesia di ajang internasional. Tarian ini kebanyakan dibawakan untuk memperingati upacara kebiasaan perlu penduduk Aceh.

Tarian Saman ini berasal dari suku Gayo dan memakai bahasa Gayo dalam tiap-tiap penampilannya. Kesenian yang satu ini keliru satu sbobet indonesia yang dijaga bersama dengan baik oleh seluruh penduduk Indonesia terbukti bersama dengan kehadiran sebagai ekstrakulikuler di berbagai tingkat sekolah.

Tari Saman udah ditetapkan UNESCO sebagai “Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity” pada 2011. Penetapan itu dijalankan dalam sidang Komiter Antar-Pemerintah ke-6 untuk Perlindungan Warisan Budaya Tak Benda UNESCO di Bali.

2. Tari Kecak, Bali

Selain dari keindahan alam, Bali memiliki tari kecak yang masih terjaga hingga sekarang. Tari kecak ini pun masih dibawakan secara rutin di lokasi wisata kondang di Bali untuk menghibur wisatawan yang datang.

Tarian tradisional ini diisi 70 orang penari yang berdiri melingkar sambil meneriakan kata “cak cak cak” berkali-kali. Cerita yang diangkat dalam tarian ini adalah tokoh pewayangan Ramayana yang hendak menyelamatkan putri yang diculik. Tarian ini juga terlalu menarik dikarenakan dihiasi bersama dengan atraksi api di dalamnya.

3. Tari Jaipong, Jawa Barat

Salah satu identitas kesenian Jawa Barat yang kondang adalah tari jaipong. Tarian ini selalu ditampilkan di acara perlu atau menyongsong tamu negara asing yang datang ke Jawa Barat, Tari jaipong merupakan tari yang dibikin seniman Bandung, Gugum Gumbira. Tarian ini menggabungkan beberapa elemen seni formalitas Karawang layaknya pencak silat, wayang golek, topeng banjet, dan ketuk tilu.

4. Tari Topeng, DKI Jakarta

Salah satu tarian tradisional yang mendunia ini mengandalkan visualisasi gerak yang dibikin nenek moyang tanpa lewat konsep. Meski berasal dari Jakarta, tarian ini tergoda budaya Sunda. Para penari memakai topeng yang sama bersama dengan topeng banjet Karawang Jawa Barat. Namun dalam topeng Betawi kenakan bahasa Betawi.

5. Tari Piring, Sumatra Barat

Tarian tradisional satu ini berasal dari Minangkabau Sumatra Barat yang menampilkan atraksi memakai piring. Para penari mengayunkan piring di tangan mengikuti gerakan-gerakan cepat yang teratur, tanpa satu pun piring lepas dari tangan. Tari yang Huriah Adam ini menyita kangkahnya sama bersama dengan silat Minangkabau atau Silek. Saat ini, tari piring dipertunjukkan untuk penyambutan tamu terhormat atau pembukaan upacara adat.

6. Tari Tortor, Sumatra Utara

Kesenian satu ini menempel pada penduduk Medan, Sumatra Utara, dan selalu digelar dalam hampir tiap-tiap upacara adat. Bagi penduduk Batak, tari tortor memiliki nilai budaya sekaligus spiritual. Tarian yang dilestarikan suku batak ini dimainkan bersama dengan iringan alat musik gondang.

Tortor berasal dari suara hentakan kaki para penari. Pementasan tortor selalu memiliki sifat situasional yang tercermin dari tipe tortor yang ditampilkan, layaknya Tortor Sombasomba (peneyembahan), Tortor Simonangmonang (kemenangan), atau Tortor Habonaran (kebenaran)