Uncategorized

Pengaruh Islam dalam Bidang Seni Tari dan Musik

Kedatangan Islam di Nusantara tak cuma membawa ajaran agama saja, tapi juga berimbas kepada kesenian.

Malah pada awal perkembangan Islam, kesenian telah difungsikan sebagai sarana penyebaran agama Islam.

Pengaruh Islam dalam bidang seni slot777 gacor mudah ditemukan pada tari dan musik. Sampai sekarang, seni tari dan musik yang mendapatkan akibat Islam, menjadi komponen kehidupan umat Islam Indonesia.

Lalu, apa saja akibat Islam dalam bidang seni tari dan musik?

Pengaruh Islam dalam Seni Tari

Mengutip, seni tari yaitu gerakan komponen tubuh yang dikerjakan dengan melodi, iringan musik atau tanpa iringan musik, untuk mengucapkan pikiran dan perasaan atau tujuan tertentu.

Pandangan Islam kepada seni tari yaitu dibiarkan, selama masih cocok dengan kaidah Islam serta membawa kemanfaatan bagi penikmat tari, bukan sebaliknya.

Biasanya, tarian yang telah mendapatkan akibat Islam diterapkan untuk memeriahkan acara seperti pernikahan, khitanan, dan pelbagai acara umat Islam lainya.

Berikut sebagian contoh tarian di Indonesia yang mendapatkan akibat Islam.

Tari Seudati Tari

Seudati yaitu contoh tari Islam yang berasal dari Aceh. Nama tarian ini berasal dari kata syaidati, yang berarti orang-orang besar.

Tari Seudati termasuk golongan tarian perang yang dipertunjukkan oleh delapan laki-laki penari utama dan sebagian pengiring (pembantu).

Pementasan Tari Seudati juga diiring oleh dua orang penyanyi yang disebut aneuk syahi dan nyanyian-nyanyian yang dibawakan berupa sholawat nabi.

Tari Zapin

Melansir website Kemdikbud, Tari Zapin yaitu tarian tradisional khas Riau, yang dianggap sebagai buah akulturasi budaya Arab dan Melayu.

Tari yang dibawa dari Yaman ini berfungsi sebagai media dakwah untuk menyebarkan Islam menggunakan syair dan nyanyian.

Kata Zapin berasal dari bahasa Arab “zafn”, yang memiliki arti gerakan kaki yang cepat mencontoh melodi.