Uncategorized

Mengenal Tradisi ‘Baba Marta’ di Bulgaria

Baba Marta

Baba Marta

Bulan Maret merupakan bulan yang privat bagi Bulgaria, sebuah negara di bagian timur Eropa yang berbatasan langsung bersama Turki dan Rumania. Pada bulan ini penduduk Bulgaria merayakan Bulgarian Liberation Day untuk memperingati terbebasnya Bulgaria berasal dari pendudukan Kerajaan Ottoman yang jatuh tiap tiap tanggal 3 Maret. Namun, sebelumnya terdapat Baba Marta Day, hari senang cita bagi seluruh penduduk Bulgaria yang dirayakan tiap tiap tanggal 1 Maret tiap tiap tahunnya.

Dalam budaya Bulgaria, Baba Marta, atau di dalam Bahasa Indonesia berarti Nenek Maret, memang adalah sebuah figur mitologi. Baba Marta diekspresikan sebagai seorang nenek yang murung dikala musim salju di Bulan Januari dan Februari dan sesudah itu ceria di Bulan Maret dikala salju terasa mencair.

Saking cerianya, sang nenek dipercaya dapat membawa dampak matahari bersinar cerah dan bunga-bunga bersemi indah yang sesudah itu menimbulkan burung-burung untuk berkicau. Oleh karena itu, hari Baba Marta bagi penduduk Bulgaria juga merupakan tanda berakhirnya musim dingin yang kelam dan menyongsong datangnya musim semi yang cerah.

Di hari Baba Marta ini penduduk Bulgaria saling bertukar “martenitsa”, sebuah benda bernuansa merah dan putih. Martenitsa biasanya berbentuk gelang berasal dari benang wol berwarna merah dan putih yang dikepang. Selain gelang, martenitsa juga dapat berbentuk lain layaknya gantungan kunci, boneka kecil, bros, dan lain-lain. Martenitsa merupakan simbol berasal dari stimulan (merah) dan kesucian (putih), atau dapat juga diartikan bersama sebuah stimulan di dalam menyongsong musim semi yang dapat singgah bersama penuh kemurnian hati.

Pertukaran martenitsa merupakan betuk perhatian dan kasih sayang kepada orang-orang terdekat. Biasanya, pada pas saling bertukar martenitsa, penduduk Bulgaria dapat mengucapkan “Chestita Baba Marta” (Честита Баба Марта), atau di dalam Bahasa Indonesia berarti Selamat Hari Baba Marta, dan saling mendoakan sehingga diberikan kebugaran dan kebahagiaan selama tahun. Jadi jangan heran misalnya di Bulgaria Anda lihat seseorang kenakan banyak sekali gelang warna merah putih di tangannya selama bulan Maret, itu berarti banyak kerabat yang mendoakan kebaikan kepadanya.

Martenitsa dapat dibeli di beragam daerah di Bulgaria atau dapat juga dibuat sendiri. Biasanya, anak-anak juga diajarkan untuk berkreasi membawa dampak martenitsa di sekolah dan saling bertukar Martenitsa bersama teman-teman dan guru-gurunya. Meskipun demikian, tersedia satu ketetapan yang tidak boleh dilanggar lho, kita tidak boleh kenakan atau membeli martenitsa untuk diri kita sendiri. Tunggulah hingga tersedia orang lain yang memberikannya kepada kita atau kita dulu yang memberikannya kepada orang lain.

PerbesarMartenitsa tidak cuma dipasang di tangan sebagai gelang, namun tersedia juga yang diikat di pohon, teras rumah, pakaian, mobil, dan lain-lain. Martenitsa biasanya cuma dapat dilepas misalnya di kira-kira mereka udah terasa muncul tanda-tanda bahwa musim semi udah tiba, antara lain datangnya burung bangau yang baru bermigrasi berasal dari benua Afrika untuk menghindari musim dingin di Bulgaria dan juga tumbuhnya tunas-tunas baru di pohon.

Setelah dilepas, martenitsa biasanya dapat ditaruh di bawah batu atau digantungkan di pohon-pohon yang terasa muncul tunas-tunas yang baru tumbuh. Ini tandanya bahwa musim hangat terlalu dapat langsung singgah dan perlu disambut bersama hati yang hangat pula.