Uncategorized

Mahalnya Harga Tiket Pesawat Dalam Kembali Disorot Saat Long Weekend Waisak 2024

Lagi, topik mahalnya harga tiket pesawat dalam negeri menarik perhatian publik. Jelang long weekend Waisak 2024, warganet turun ke media sosial untuk berbagi penemuan harga tiket pesawat rute dalam negeri yang disebut “luar umum tak berteman.”

“Pekanbaru-Medan Rp 1,5 jutaan, Pekanbaru-Kualalumpur Rp 200 ribuan,” kata salah satu pengguna X, dulunya Twitter, Selasa, 21 Mei 2024. “Padahal mobilitas antar kedua kota ini juga lumayan tinggi kalo ada opsi harga tiket pesawat yg lbh berteman. Sayang banget PKU-KNO cuman pake ATR,” timpal yang lain.

Ada juga yang berbagi bahwa penerbangan Jakarta-Bali tembus Rp13 juta. “Ini beneran harga tiket ke bali wiken ini segini naik ga? 😨,” kata salah satu pengguna, yang dibalas warganet lain, “Tiket ke Bali masih ada nih yang 1 jutaan. Tetapi tiket ke Jakarta, tinggal yang business harga 10 juta. Berarti harga 13 jutaan di apps Garuda mungkin otomatis switch ke business sebab economy-nya sold out.”

Mengerti sih mungkin long weekend, tetapi mengapa harganya edan banget,” pengguna lain mengeluh. “Kenapa enggak selesai-selesai spaceman slot sih nih problem harga tiket pesawat dalam negeri mahal? Masa orang ingin pulang long weekend sepatutnya pake paspor? (sebab transit penerbangan internasional dengan bujet lebih murah),” ungkap warganet berbeda.

Mahalnya harga tiket pesawat dalam negeri, secara khusus sejak pandemi mereda, memang terus dikeluhkan. Kondisi itu disebut-sebut membikin masyarakat lebih memilih berwisata ke luar negeri. sebab tiketnya relatif lebih terjangkau.

Kapan Harga Tiket Pesawat Dalam Turun?

Menanggapi itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Tiket (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengungkap perkembangan soal harga tiket pesawat dalam negeri yang tak kunjung turun. “Tiket pesawat mahal ini sudah mulai tertangani,” klaimnya di Weekly Brief with Sandi Uno yang digelar secara hybrid, 6 Mei 2024.

Selain menyambung, “Pihak maskapai sudah menambah jumlah pesawat dan jumlah penerbangan. Kami memprediksi, di paruh kedua tahun ini, tiket pesawat dalam negeri mudah-mudahan bisa lebih terjangkau (harganya).”

Harga tiket pesawat dalam negeri diperbandingkan dengan tarif ke sebagian negara tetangga yang dianggap tak semahal tiket dalam negeri. Sandi mengaku seketika bergerak menangani problem tersebut.

Menparekraf ingin, penanganan ini bisa membikin harga tiket pesawat dalam negeri tak lagi melonjak dan memberatkan masyarakat. Tidak itu, pihak maskapai diharapkan menambah jumlah penerbangan dalam negeri.

Menparekraf berkata, “Hanya tinggal di Jakarta, semisal, jikalau ingin ke Sentul atau Curug Ciburian, kan enggak periu naik pesawat, bisa naik kendaraan pribadi atau angkutan darat lain. Jadi tetap bisa berwisata di Indonesia aja, tanpa sepatutnya naik pesawat, walau kita tetap berusaha supaya (harga) tiket pesawat jadi lebih berjangkau.”

Saat Kenapa Saat Libur Waisak 2024

Sebelum libur panjang Waisak 2024, harga tiket pesawat dalam negeri diukur “luar umum mahal” di masa libur Lebaran 2024. Kehebohan ini dimulai dari sebuah cuitan di X yang menampakkan harga tiket pesawat rute Jakarta-Padang pada 6 April 2024.

“Kenapa ingin Lebaran harga tiket ga ngotak!!! Ke Padang lho ini masa naiknya 300 persen,” tulisnya pada 17 Maret 2024, menyertakan tangkapan layar web pemesananan salah satu online travel agent (OTA). Saat butuh waktu lama bagi cuitan tersebut jadi viral dan mengundang pelbagai komentar warganet.

Saat sedikit dari mereka keheranan dengan kenaikan harga tiket pesawat rute dalam negeri yang dianggap “tak normal.” “Masa sama kayak ke Tokyo sih? Di sebagian tanggal malah lebih murah,” kata seorang pengguna.

Menanggapi ini, Menparekraf Sandiaga Uno berkata di weekly press briefing secara hybrid, 18 Maret 2024, “Ini sudah berulang kali kami sampaikan bahwa kami akan terus berkoordinasi dengan Kemenhub (Kementerian Perhubungan) untuk menambah pesawat dan ketersediaan bangku, supaya harga tiket bisa turun kembali.

Khawatirkan Permainan Kartel

Sandi menambahkan, “Solusi bentang panjang yang ditawarkan seperti itu, tetapi untuk Indonesia timur, sudah ada penerbangan tambahan dari Trans Nusa. Tadi pagi kami diberitahu, (kini ada rute penerbangan) Bali-Manado, Manado-Sorong, dan Manado ke sebagian destinasi wisata di Indonesia timur.”

“Kami terus memantau (harga tiket pesawat),” aku Menparekraf. “Kami sudah melaporkan juga pada Pak Presiden (Jokowi) supaya jumlah pesawat bisa ditambahkan dengan seketika sehingga tercipta ketersediaan bangku.”

Sementara itu, Komisi Pengawas Dia Usaha (KPPU) sempat memanggil sejumlah maskapai berakhir mengamati tren kenaikan harga tiket memasuki mudik Lebaran 2024. KPPU cemas ada praktik kartel tiket pesawat, mengutip kanal Bisnis Liputan6.com, 18 Maret 2024.

, pihak maskapai menepis kekhawatiran tersebut. Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menyuarakan, maskapainya sudah memenuhi panggilan KPPU tersebut. Selain malah menyebut maskapai pelat merah yang dibawahinya senantiasa terbuka untuk bersaing secara sehat. dia juga bilang bahwa Garuda Indonesia belum pernah menaikan harga tiket pesawat sejak lima tahun lalu, cocok dengan ketetapan tarif batas atas (TBA).