karya seni visual
Seni Visual

Contoh Karya Seni Visual Dua Dimensi

Contoh karya seni visual dua dimensi yang bergerak adalah film. Karya seni rupa dua dimensi (2D) sendiri adalah seni rupa yang memiliki ukuran panjang dan lebar.

Karya seni rupa dua dimensi disebut situs spaceman slot  dwimatra. Selain film dan video, ada juga contoh karya seni yang dapat bergerak lainnya. Simak penjelasan seputar pengertian dan contohnya berikut ini.

Contoh Karya Seni Visual Dua Dimensi yang Bergerak

Berikut beberapa contoh karya seni visual dua dimensi yang bergerak.

1. Film

Film termasuk contoh karya seni visual dua dimensi yang bergerak yang populer. Film disebut juga gambar yang bergerak yang memiliki cerita kompleks. Di mana, gambar merupakan contoh karya seni visual dua dimensi.

Dikutip dari Ensiklopedia Britannica, pengertian film adalah serangkaian foto diam yang diproyeksikan ke layar menggunakan cahaya secara berurutan.

Dalam hal ini, ada fenomena optik dengan persistensi penglihatan, yang memberikan ilusi gerakan yang sebenarnya, halus, dan berkelanjutan.

2. Video

Video merupakan contoh dari produk media visual lainnya yang menampilkan rekaman gambar bergerak. Apakah video sama dengan film? Dilansir Stada Media, perbedaan sederhana antara film dan video dapat dilihat pada durasinya.

Video seringnya berdurasi pendek, sedangkan film cenderung berdurasi panjang. Biasanya video berdurasi minimal 3 menit dan tidak lebih dari 30 menit, sementara film bisa berdurasi antara 1 sampai 3 jam atau lebih.

3. Desain Rumah

Tidak hanya berupa sketsa maupun gambar dua dimensi yang tidak bergerak, di era kecanggihan teknologi, desain rumah bisa digerakan melalui aplikasi software desain. Dalam karya seni, desain rumah termasuk seni desain dalam bidang arsitektur.

4. GIF (Graphics Interchange Format)

GIF merupakan sebuah seni visual bentuk animasi yang gerak dalam waktu sangat singkat. GIF bukan termasuk video, ia terususun dari urutan gambar yang bergerak secara berulang-ulang.

Apa Itu Karya Seni Visual Dua Dimensi?

Dilansir dari Eden Gallery, seni rupa dua dimensi adalah segala bentuk seni visual dengan dua dimensi, yang bisa mencakup gambar, lukisan, cetakan, dan foto. Karya seni ini tidak mencakup karya seni 3D seperti patung, instalasi, maupun lukisan 3D.

Baca Juga : Rekomendasi Tari Tradisional yang Mudah untuk Dipelajari Bagi Pemula

Dikutip dari modul Kemdikbud Seni Budaya (Seni Rupa) Paket C Setara SMA/MA Kelas XII oleh Winna Mardani dan Ary Trisna O, untuk menciptakan sebuah karya seni rupa dua dimensi dimulai dari tarikan garis yang disebut goresan (bagian dari sebuah unsur-unsur seni rupa).

Dalam membuat karya seni rupa dua dimensi, penciptaan sebuah goresan perlu memperhatikan suatu unsur. Unsur-unsur seni rupa tersebut seperti titik, garis bidang, bentuk, warna, ruang, tekstur, dan gelap terangnya.

Karya dua dimensi bisa terwujud dari macam bahan dan medium yang beraneka ragam. Sehingga, bisa dinikmati melalui indera penglihatan. Sekarang, detikers jadi tahu bukan apa saja yang termasuk contoh karya seni visual dua dimensi yang bergerak?