Daftar 5 Musik Tradisional Indonesia yang Mendunia

Setiap negara pasti memiliki alat musik kebanggaan mereka masing-masing, begitu juga di Indonesia. Indonesia memiliki banyak sekali suku, adat dan istiadat, oleh sebab itu alat musik tradisional pun menjadi beragam. Dari sekian banyaknya alat musik di Indonesia, ada beberapa alat musik yang berhasil menembus kancah dunia, loh.

Berikut ini kami akan menunjukkan beberapa alat musik Indonesia yang sudah dikenal di berbagai belahan dunia, kira-kira ada apa saja, ya?

Alat Musik Tradisional Indonesia Mendunia

1. Angklung

Sudah bukan rahasia lagi kalau angklung merupakan salah satu alat musik yang mendunia. Alat musik yang terbuat dari bambu ini memang memiliki bunyi yang khas dan membuatnya memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan alat musik lainnya. Bahkan angklung adalah salah satu pesona dari budaya Indonesia yang sudah di akui UNESCO sebagai Warisan Budaya Dunia. Angklung juga sudah masuk ke dalma daftar Representative list of Intangible Cultural Heritage of Humanity.

2. Gamelan

Gamelan merupakan salah satu alat tradisional khas dari Indonesia yang terdiri dari Gong, Kenong, Gambang, Saron, Celempung, dan beberapa alat musik pendamping lain. Irama musik gamelan bagi kehidupan masyarakat Jawa adalah keselarasan di dalam hidup. Alat musik gamelan ini bahkan masuk ke dalam daftar UNESCO sejak 2014 dalam rangka penghayatan dalam musik gamelan. Di Australia dan di Kanada, terdapat pendidikan seni gamelan yang membuktikan bahwa alat musik ini sudah sangat populer di kancah internasional.

3. Tifa

Bukan hanya dari pulau Jawa saja nih, karena ada juga Tifa yang merupakan alat musik dari Indonesia Timur, yakni Papua dan Maluku. Alat musik sederhana yang terbuat dari kayu dengan bentuk tabung ini cara mainnya adalah dengan dipukul. Biasanya alat musik ini akan dimainkan di upacara adat atau pada pertunjukan dengan tarian tradisional. Meski memiliki bentuk yang mirip, tapi ternyata Tifa yang ada di Maluku dan di Papua berbeda, loh. Tifa di Papua lebih melengkung dan terdapat pegangan pada bagian tengah, sedangkan tifa Maluku memiliki bentuk tabung dan tidak terdapat pegangan.

4. Sasando

Sasando adalah alat musik yang erasal dari pulau Rote, Nusa Tenggara Timur. Alat musik satu ini memiliki bentuk yang unik dan menyerupai kerang. Sasambo memiliki suara khas yang cukup menyerupai alat musik seperti gitar, kecapi, biola, harpa, dan alat musik dengan senar lainnya. Selain gamelan dan angklung, UNESCO memberikan penghargaan pada Sasando. Tidak dipungkiri, Sasando semakin terkenal setelah seorang pemain sasando bernama Berto Pah memainkan alat musik ini di ajang bakat televisi.

5. Kolintang

Terakhir yang akan kami bahas adalah alat musik kolintang. Ini merupakan alat musik yang berasal dari Sulawesi Utara dan sering kali digunakan dalam upcara ritual adat. Upacara yang dilakukan biasanya yang berhubungan dengan penghormatan kepada roh leluhur. Alat musik ini terbuat dari kayu yang disusun sedemikian rupa sampai menghasilkan bunyi yang khas. Meskipun alat musik tradisional, namun banyak orkestra yang menggunakan kolintang dalam pementasannya.

Nah, itulah beberapa alat musik tradisional yang sudah mendunia. Bahkan beberapa diantaranya sampai mendapat perhatian dari UNESCO berkat keunikan dan nilai dari alat musik itu sendiri. Jadi dari 5 alat musik di atas, adakah yang bisa kamu mainkan atau setidaknya pernah kamu pelajari?