Uncategorized

Negara Komponen di AS Dihantam Tornado Hitungan Menit, 15 Orang Tewas

Setidaknya 15 orang tewas dikala tornado melanda tiga negara komponen AS, menghancurkan rumah-rumah dalam hitungan menit dan memutus aliran listrik bagi ratusan ribu orang.

Menginformasikannya BBC, Senin (27/5/2024), tujuh orang dilaporkan tewas di Texas utara, lima di Arkansas dan dua di Oklahoma serta satu dari Kentucky. Lebih banyak lagi yang terluka, dan hampir 500.000 orang kehilangan aliran listrik di sebagian negara komponen.

Sheriff Ray Sappington dari Cook County, Texas, mengatakan korban tewas di sana termasuk dua si kecil berusia 2 dan 5 tahun serta tiga anggota keluarga yang sama. “Itu hanya sisa puing-puing,” kata sheriff kepada media AS, seraya menambahkan bahwa dia yakin jumlah korban tewas akan bertambah. “Kehancurannya cukup parah.”

Rekaman dari wilayah hal yang demikian bonus new member 100 menampakkan sebuah pompa bensin dan tempat peristirahatan hampir hancur sempurna imbas hempasan tornado, dengan logam bengkok berserakan di atas kendaraan yang rusak.

Angin tornado membalikkan truk, menutup jalan raya dekat Dallas dan menyebabkan puluhan ribu orang kehilangan aliran listrik di semua wilayah.

Sementara itu, kilat, guntur, dan hujan lebat memaksa sekitar 125.000 penonton dievakuasi dikala Indianapolis 500 hari Pekan di Indiana tertunda sebagian jam.

Semuanya Hilang Dalam Dua Menit

Frank Soltysiak, yang tinggal di sebuah rumah kendaraan beroda empat di Texas utara, mengatakan bahwa rumahnya hancur dalam sebagian menit dikala badai melewatinya.

Soltysiak sedang berada di kafe terdekat dikala pemiliknya \\”membunyikan klakson, menyuruh semua orang keluar\\”, katanya kepada CBS News, mitra BBC di AS.

Soltysiak mengambil anjingnya, Sampson, dan berlindung di lemari es kafe. \\”Itu adalah bangunan paling aman yang pernah Anda datangi. Dan saya keluar, dan semuanya hancur,\\” katanya.

\\”Dalam hitungan dua menit, semuanya hilang.\\”

Suhu Panas

Badai di Texas terjadi berbarengan dengan temperatur panas yang menyelesaikan rekor di sebagian komponen negara komponen, dengan penduduk mendapatkan peringatan temperatur tiga digit selama liburan akhir minggu Memorial Day.

Di Oklahoma, dua orang tewas di Mayes County dan enam lainnya terluka, kata otoritas manajemen darurat setempat kepada BBC.

Adapun pihak memiliki wewenang Arkansas mengatakan seorang wanita berusia 26 tahun ditemukan tewas di luar rumah yang hancur di Olvey, sementara satu dari empat kematian di negara komponen itu dilaporkan di Benton County. Negara komponen itu juga melaporkan banyak orang terluka.

Pejabat polisi di Kota Rogers, Arkansas, mengatakan mereka sudah menyelamatkan sebagian orang yang terjebak setelah tornado menumbangkan pohon dan kabel listrik, serta merusak jalur pasokan gas.